Anda Merasa Gerah di Jogja? Ternyata Ini Penyebabnya

Minggu, 15 Mei 2022 – 07:06 WIB
Anda Merasa Gerah di Jogja? Ternyata Ini Penyebabnya - JPNN.com Jogja
ILustrasi - Penyebab cuaca gerah di Jogja. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Jika Anda sedang merasa gerah atau kepanasan saat berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), itu merupakan hal yang wajar.

Suhu panas yang cukup ekstrem memang sedang melanda Jogja dan sekitarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memperkirakan suhu panas masih akan melanda Jogja hingga pertengahan Mei 2022.

Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Sleman Etik Setyaningrum meminta masyarakat tidak panik, tetapi tetap waspada terhadap cuaca yang terik.

Berdasarkan data hasil pengamatan di Stasiun Klimatologi Sleman, suhu maksimum harian di DIY yang terukur pada 1 Mei sampai 12 Mei 2022 berkisar 31 sampai 33,6 derajat Celcius.

"Suhu harian tertinggi mencapai 33,6 derajat celcius terjadi pada 3 Mei 2022," ujar Etik.

Menurut dia, suhu maksimum tertinggi di DIY pernah tercatat mencapai 36,4 derajat Celcius pada 21 Oktober 2019.

Etik menjelaskan fenomena suhu udara terik yang terjadi saat ini, khususnya pada siang hari tersebut antara lain dipicu posisi semu matahari yang saat ini sudah berada di wilayah utara ekuator.

Jogja saat ini sedang dilanda cuaca ekstrem berupa panas terik yang membuat gerah. BMKG menjelaskan, ternyata ini penyebabnya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia