Kronologi Hewan Ternak di Kulon Progo Terjangkiti PMK

Minggu, 15 Mei 2022 – 09:00 WIB
Kronologi Hewan Ternak di Kulon Progo Terjangkiti PMK - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Hewan ternak sapi. Foto: Ricardo/jpnn.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Dua hewan ternak di Desa Pandowan, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo ditemukan menderita penyakit mulut dan kuku atau PMK.

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo melakukan serangkaian kegiatan untuk mencegah penularan terhadap hewan ternak lainnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo Aris Nugraha mengatakan pihaknya telah menyiapkan disinfektan dan obat yang akan ditempatkan dalam satu kelompok supaya gerakan penyemprotan disinfektan lebih cepat.

Seperti diketahui, pada Jumat (13/5) di Kulon Progo ditemukan dua hewan ternak positif penyakit mulut dan kaki, yakni berupa satu ekor sapi dan satu ekor domba sehingga Pemkab Kulon Progo melakukan isolasi tertutup di desa tersebut.

"Kami bersama Babinsa dan Babinkantibmas, serta masyarakat melakukan pemantauan secara intensif di kandang-kandang penduduk di luar Desa Pandowan. Sampai saat ini, kami pastikan aman di luar Pandowan," kata Aris.

Ia mengakui hewan ternak yang positif penyakiti mulut dan kuku berasal dari Jawa Tengah. Saat tiba di Kulon Progo, hewan tersebut dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH).

Namun, selang beberapa waktu, hewan tersebut mengalami gejala awal penyakit mulut dan kuku yang harus diketahui masyarakat, yakni suhu tinggi, mengeluarkan liur, mulutnya luka, kuku luka, dan berdiri bergetar.

"Kami melakukan pemantauan seterusnya. Kami juga sudah membuat gugus tugas penanganan penyakit mulut dan kuku di Desa Pandowan, yang secara khusus menangani temuan tersebut," katanya.

Dua hewan ternak di Kulon Progo terjangkiti penyakit mulut dan kuku, padahal sudah dilengkapi surat-surat. Begini kronologinya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia