Gelombang Tinggi, Wisatawan Tak Peduli, Tetap Liburan dan Mandi di Pantai

Senin, 16 Mei 2022 – 13:01 WIB
Gelombang Tinggi, Wisatawan Tak Peduli, Tetap Liburan dan Mandi di Pantai - JPNN.com Jogja
Pantai di Gunungkidul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Bertepatan dengan libur akhir pekan dan Waisak, jumlah kunjungan wisatawan ke pantai-pantai di Gunungkidul sangat tinggi.

Padahal, tengah tejadi peiningkatan ketinggian gelombang di bibir pantai Gunungkidul.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Baron Surisdiyanto mengatakan di perairan selatan terjadi banjir rob dengan ketinggian di atas dua sampai lima meter.

"Kondisi di beberapa titik di bawah pengawasan SAR Satlinmas Baron hari ini terpantau ada kenaikan gelombang yang signifikan antara dua sampai lima meter. Kami menerjunkan personel lengkap mengamankan wisatawan yang ada di bibir pantai," kata Aris.

Ia juga mengimbau wisatawan untuk tidak mandi atau bermain air di bibir pantai karena potensi gelombang tinggi bisa datang setiap saat.

"Kami mohon untuk semua wisatawan agar selalu berhati-hati dan taati imbauan petugas," katanya.

Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul mencatat ada 69.845 wisatawan yang berkunjung ke objek wisata yang dikelola oleh pemerintah daerah pada akhir pekan lalu.

Kunjungan wisatawan pada Sabtu (14/5) dan Minggu (15/5) mencapai 69.845 orang dengan menyumbang pendapatan asli daerah sekitar Rp 460 juta.

Masyarakat yang berkunjung ke pantai-pantai di GUnungkidul diminta untuk waspada karena gelombang sedang tinggi-tingginya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News