Teruntuk Pengunjung Pantai Selatan, Wajib Perhatikan Peringatan Ini

Selasa, 17 Mei 2022 – 18:56 WIB
Teruntuk Pengunjung Pantai Selatan, Wajib Perhatikan Peringatan Ini - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Peringatan tim SAR kepada wisatawan di pantai selatan. Foto: Basaranas Yogyakarta

jogja.jpnn.com, BANTUL - Jika Anda berencana untuk berlibur ke kawasan pantai selatan, baik di Bantul maupun di Gunungkidul, wajib memperhatikan peringatakan yang dikeluarkan oleh tim SAR Satlinmas setempat.

Di kawasan pantai selatan Bantul, SAR Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi IV Samas Kabupaten Bantul mengingatkan para pengunjung pantai untuk mewaspadai potensi banjir rob dan gelombang tinggi yang masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Sekretaris SAR Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah IV Samas Bantul, Nugroho mengatakan gelombang pasang akan cepat naik ke bibir pantai, tetapi tidak sampai menyentuh warung atau pemukiman yang ada di sekitar pantai.

"Kepada wisatawan kami ingatkan tidak boleh bermain air," ujar Nugroho, Selasa (17/5).

Peringatakan tersebut sesuai dengan rilis yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa akan ada banjir rob dan gelombang tinggi sejak 14 hingga 20 Mei 2022.

Wisatawan yang berkunjung ke pantai selatan diminta untuk mewaspadai gelombang pasang yang datang secara tiba-tiba.

Menurut Nugroho, kondisi gelombang dalam beberapa hari ini sejak peringatan dini dirilis BMKG berkisar antara tiga sampai empat meter.

Biasanya terjadi pada pagi hari, tetapi siangnya sudah mulai surut.

Jika Anda ingin berkunjung ke kawasan pantai selatan dalam beberapa hari ke depan, wajib memperhatikan peringatan dari tim SAR berikut ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News