Ilmuwan Dibuat Bingung, Pria tidak Subur Rentan Terserang Kanker Payudara

Senin, 23 Mei 2022 – 21:00 WIB
Ilmuwan Dibuat Bingung, Pria tidak Subur Rentan Terserang Kanker Payudara - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Pria dengan masalah kesuburan rentan terserang kanker payudara. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Ilmuwan dunia saat ini sedang dibuat bingung dengan temuan terbaru tentang adanya hubungan kanker payudara pada pria dengan masalah kesuburan.

Kanker payudara adalah penyakit yang jarang menyerang pria, bahkan kasusnya cukup sedikit di seluruh dunia.

Penelitian terbaru dari studi kanker payudara Breast Cancer Now mengamati 1.998 pria yang baru didiagnosis dengan penyakit ini di wilayah Inggris dan Wales selama periode 12 tahun.

Sekitar 370 pria didiagnosis menderita kanker payudara setiap tahun di Inggris.

Para pria ditanya apakah mereka memiliki anak kandung, apakah mereka atau pasangan mereka pernah mengalami masalah hamil, atau apakah mereka telah mengunjungi dokter atau klinik untuk masalah kesuburan.

Para peneliti secara langsung membandingkan kesuburan pria penderita kanker payudara dengan 1.597 pria yang tidak memiliki riwayat penyakit tersebut.

Selain alasan biologis yang tidak jelas, mereka menemukan bahwa pria yang didiagnosis dengan kanker payudara lebih mungkin mengalami masalah kesuburan.

Studi ini juga menemukan ada lebih banyak pria tanpa anak di antara mereka yang telah didiagnosis menderita kanker payudara.

Ada sebuah fakta yang terungkap dari penelitian baru-baru ini, yaitu pria dengan masalah kesuburan rentan terkena kanker payudara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News