Lihatlah Dampak Gelombang Pasang di Pantai Selatan, Bangunan Ini Nyaris Ambles

Minggu, 29 Mei 2022 – 21:30 WIB
Lihatlah Dampak Gelombang Pasang di Pantai Selatan, Bangunan Ini Nyaris Ambles - JPNN.com Jogja
Pos pantau Tim SAR di Pantai Krakal, Gunungkidul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Gelombang pasang yang menerjang pantai selatan di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akhir-akhir ini ternyata memang berbahaya.

Bukan hanya bisa menyeret wisatawan ke tengah laut, gelombang dan abrasi juga menyebabkan salah satu bangunan penting nyaris ambles.

Adapun bangunan yang terdampak gelombang pasang adalah Pos Pantau Tim Pencarian dan Penyelamatan Satuan Perlindungan Masyarakat Wilayah II Baron di Pantai Krakal, Kabupaten Gunungkidul.

Bangunan dua lantai itu terlihat nyaris ambruk karena terkikis oleh gelombang laut dan abrasi.

Koordintor SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono mengatakan pihak Polsek Tanjungsari telah mengevakuasi peralatan dan memasang garis polisi supaya wisatawan tidak mendekat.

"Kondisi Pos Pantau Pantai Krakal cukup memprihatinkan sehingga kami melakukan evakuasi peralatan sangat dibutuhkan," kata Marjono, Minggu (29/5).

Untuk sementara waktu, enam personel yang bertugas di Pos Pantai Krakal menumpang di warung-warung milik masyarakat karena kondisi pos sudah tidak layak dihuni dan mengkhawatirkan.

"Pos ini terkena abrasi sejak berapa waktu lalu, kemudian disusul gelombang pasang mengakibatkan kondisi pos kena abrasi," katanya.

Gelombang pasang yang terjadi di Pantai Krakal beberapa waktu terakhir telah menyebabkan satu bangunan penting nyaris ambles. Lihat kondisinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News