Bupati Bantul Geram, Pemilik Gumuk Pasir Pasang Tarif 100 Ribu

Selasa, 31 Mei 2022 – 19:55 WIB
Bupati Bantul Geram, Pemilik Gumuk Pasir Pasang Tarif 100 Ribu - JPNN.com Jogja
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, BANTU - Viralnya video mak-mak menyedorkan karcis masuk ke tempat wisata Gumuk Pasir, Bantul seharga Rp 100 ribu sampai ke telinga Bupati Bantul Abdul Halim Muslih.

Menurut bupati, pengelola objek wisata di Kabupaten Bantul tak diperkenankan untuk seenaknya sendiri memungut retribusi.

Ia mengatakan beberapa hal penting yang harus dicek di lapangan seperti kebenaran lahan milik pribadi, izin penyelenggaraan kegiatan pariwisata dan jumlah pungutan.

"Walaupun itu milik pribadi, dia harus mengikuti ketentuan. Tidak bisa seenaknya sendiri," kata Halim pada Selasa (31/5).

Halim menambahkan bahwa pariwisata memiliki standar tarif tersendiri yang harus ditaati.

"Jadi, tidak semua hal milik pribadi bebas dikelola semaunya. Itu pakai ketentuan yang diatur dalam peraturan perundangan-undangan," imbuhnya.

Ia menambahkan bahwa pihaknya akan melakukan pengecekan di lapangan guna mengambil tindakan lebih lanjut.

"Bisa sanksi teguran maupun pembinaan," sambung dia.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan pemilik Gumuk Pasir tak bisa seenaknya mematok tarif. Kejadian video viral akan ditelusuri lebih lanjut.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia