Sebanyak Ini Hewan yang Dikurbankan di Gunungkidul

Senin, 11 Juli 2022 – 14:02 WIB
Sebanyak Ini Hewan yang Dikurbankan di Gunungkidul - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Penyemeblihan hewan kurban. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sebagai salah satu pusat peternakan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kabupaten Gunungkidul menyembelih banyak hewan kurban pada perayaan Iduladha 1443 Hijriah.

Selama dua hari Lebaran Haji tahun ini, tidak kurang dari 4.878 hewan kurban disembelih di 18 kapanewon di wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Gunungkidul Retno Widyastuti mengatakan bahwa hewan kurban yang disembelih terdiri dari 3.342 kambing, 28 domba, dan 1.508 sapi.

"Dari 4.878 ekor yang disembelih, kami hanya menemukan 11 ekor yang terkena (serangan) cacing hati dengan skala ringan hingga sedang," kata Retno.

Selain itu, Dinas Peternakan Gunungkidul juga menemukan dua sapi dan satu kambing yang dicurigai terserang penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Kami masih melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap penyembelihan hewan kurban. Data ini masih berkembang karena masih ada masyarakat yang melakukan penyembelihan," katanya.

Menurut dia, pemotongan hewan kurban dilakukan di 612 lokasi di 18 kapanewon di wilayah Gunungkidul. 

Kapanewon Semanu tercatat sebagai wilayah kecamatan dengan lokasi pemotongan hewan kurban paling banyak (137 lokasi) dan jumlah hewan kurban paling banyak (1.115 hewan kurban).

Kabupaten Gunungkidul banyak menyembelih hewan kurban selama dua hari perayaan Iduladha 1443 Hijriah. Sebegini jumlahnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News