Lihat Apa yang Dilakukan Belasan Pasangan Pengantin di Kulon Progo, Sungguh Unik

Sabtu, 23 Juli 2022 – 09:36 WIB
Lihat Apa yang Dilakukan Belasan Pasangan Pengantin di Kulon Progo, Sungguh Unik - JPNN.com Jogja
Ritual unik pasangan pengantin di kulon Progo. Foto: Antara/DKP Kulon Progo

jogja.jpnn.com, KULON PROGO - Ada kegiatan yang tak biasa dilakukan oleh 14 pasangan pengantin dari Kapanewon Kalibawang, Girimulyo, dan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ke-14 pasangan pengantin itu melakukan kegiatan sedekah alam dengan menebar 2.000 benih ikan tawes di Objek Wisata Ono Kaline River Park, Semaken III, Banjararum.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kulon Progo Wahib Jamil mengatakan kegiatan itu merupakan salah satu implementasi dalam beragama antara manusia dan alam.

Menurut Wahib, tebar benih ikan termasuk kategori ritual sedekah dalam konteks beragama.

"Sedekah akan mendatangkan rezeki yang berlimpah, menghapus dosa dan menolak bala,” katanya.

Selain itu tebar benih ikan ini juga menjadi media untuk menunjukkan komitmen pasangan pengantin dalam menjaga lingkungan.

Program lepas liar benih ikan itu dilakukan Kantor Kemenag Kulon Progo bekerja sama dengan Dinas Pariwisata, Dinas Dukcapil, Dinas Kelautan dan Perikanan, dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo.

"Kami sangat berterima kasih program ini telah didukung oleh instansi terkait, termasuk KUA, kecamatan, kalurahan, dan masyarakat secara umum,” ujar Wahib.

Ada ritual unik yang dilakukan oleh belasan pasangan pengantin di Kabupaten Kulon Progo. Mereka menjaga alam.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News