Unik, 4 Pasang Pengantin di Bantul Menikah Bareng, Maharnya Ingkung Jawa

Rabu, 23 Maret 2022 – 08:29 WIB
Unik, 4 Pasang Pengantin di Bantul Menikah Bareng, Maharnya Ingkung Jawa - JPNN.com Jogja
Empat calon pengantin menikah bareng di Bantul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, BANTUL - Sebuah prosesi pernikahan unik terjadi di Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Empat pasang pengantin melangsungkan pernikahan secara berbarengan dengan mahar atau mas kawin Ingkung Jawa.

Pernikahan tersebut diselenggarakan oleh Forum Ta'aruf Indonesia (Fortais) di Joglo Pring Waroeng nDesso, Selasa (22/3).

"Nikah Bareng ini menjadi unik karena para peserta nikah bareng setelah dirias dikirab membawa Ingkung Jawa dan kendi manten dengan iringan musik, untuk kemudian melakukan prosesi ijab kabul," kata Ketua Fortais dan Nikah Bareng Nasional Ryan Budi Nuryanto.

Empat peserta nikah bareng itu adalah Siti Handayani (40) warga Bantul dengan Wahyudi (44) warga Kulon Progo, Parti Supartini (53) warga Bantul dengan Kasidi (63) warga Bantul, dan Rofiatun Darojah (50) warga Sleman dengan Budiono (52) warga Indramayu Jawa Barat, serta Siti Kholifah (36) warga Bantul dengan Sukirman (54) warga Bantul.

Menurut Ryan, prosesi nikah yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Pajangan, Suryadi tersebut sudah sesuai protokol kesehatan dengan mahar unik yaitu seperangkat alat sholat dan satu ayam dimasak utuh atau ingkung ayam jawa.

"Ingkung yang mengandung filosofi arti dalam bahasa Jawa kuno manekung atau memanjatkan doa kepada Allah. Setelah ijab kabul ditutup dengan pasangan manten bareng menikmati ingkung ayam Jawa sebagai kuliner khas Bantul," katanya.

Dia mengatakan kegiatan nikah bareng dengan konsep Wedding Destination Wisata Prokes ini bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bantul dan mengusung bertema "Satukan Hati Jaga Alam, Bersama Melawan Pandemi".

Ada yang unik dalam prosesi pernikahan empat pasang pengantin di Bantul. Mereka menikah dengan mahar atau mas kawin ayam ingkung Jawa.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia