Jogja Akan Tambah Macet Saat Ada Tol, Begini Langkah Dishub

Selasa, 09 Agustus 2022 – 10:50 WIB
Jogja Akan Tambah Macet Saat Ada Tol, Begini Langkah Dishub - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Proyek Tol Yogyakarta-Bawen. (ANTARA/Ajat Sudrajat)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Jalan bebas hambatan atau tol yang akan terhubung langsung ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diprediksi bakal meningkatkan volume kendaraan sehingga menimbulkan kemacetan.

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta telah menghitung potensi kepadatan lalu lintas di beberapa ruas jalan saat tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen telah beroperasi.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif mengatakan bahwa tol akan membuat lebih banyak orang datang ke Jogja memakai kendaraan pribadi.

"Dengan waktu tempuh yang makin cepat dan biaya yang relatif lebih murah, diperkirakan akan ada lebih banyak orang yang datang dengan kendaraan pribadi," katanya, Senin (8/8).

Oleh karena itu, peningkatan volume kendaraan membutuhkan penambahan kapasitas jalan yang memadai.

"Akan tetapi, yang terjadi saat ini adalah kapasitas tetap, volume kendaraan bertambah," ujarnya.

Saat ini indeks VCR atau perbandingan antara volume kendaraan dan kapasitas jalan di Kota Yogyakarta rata-rata 0,6 dan akan meningkat mendekati 1 di beberapa ruas jalan pada jam-jam tertentu.

"Saat tol beroperasi secara penuh dan tidak ada penambahan kapasitas jalan, dari proyeksi kami akan ada ruas jalan dengan indeks VCR lebih dari 1 atau sudah terjadi kemacetan. Ini yang perlu diantisipasi bersama," ucap Agus.

Kehadiran tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen diprediksi akan membuat Jogja makin macet. Hal itu yang ingin diantisipasi oleh Dishub Kota Yogyakarta.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia