Olimpiade Informatika Internasional 2022 Berlangsung di Jogja, Sebegini Jumlah Peserta

Selasa, 09 Agustus 2022 – 18:45 WIB
Olimpiade Informatika Internasional 2022 Berlangsung di Jogja, Sebegini Jumlah Peserta  - JPNN.com Jogja
Peserta International Olympiad in Informatics 2022 yang berlangsung di Yogyakarta pada 7-15 Agustus 2022. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Ajang International Olympiad in Informatics (IOI) 2022 atau Olimpiade Informatika Internasional resmi dibuka pada Selasa (9/8) di Laboratorium Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Dalam perhelatan ke-34 ini Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah yang mengusung tema Digital Energy of Asia.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Sekjen Kemendikbud Ristek) Suharti mengatakan sebanyak 90 negara ikut serta dalam ajang ini.

"Tujuh puluh dua negara mengikuti langsung di Yogyakarta dan 18 negara lainnya mengikuti secara daring," kata Suharti.

Ia juga berterima kasih atas dukungan semua pihak dalam penyelenggaraan ajang yang pertama kali digelar di Indonesia tersebut.

"Tentunya kami ingin semua peserta punya pengalaman yang luar biasa baik ketika melaksanakan olimpiade maupun nanti ketika mereka berada di Jogja menikmati keindahan alam dan budaya," ujarnya.

Di sisi lain, Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta Agus Burhan menyambut antusias Olimpiade Informatika Internasional tahun ini.

"Kita berada di sebuah keaktifan dalam perubahan zaman, zaman digital dan ini era milenial. Mari kita songsong dengan potensi-potensi yang kita miliki," ucap rektor.

International Olympiad in Informatics (IOI) atau Olimpiade Informatikan Internasional diikuti oleh 90 negara dan berlangsung di Yogyakarta 7-15 Agustus 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News