Jumlah Kunjungan Wisata di Bantul Turun 23 Persen, Paris Masih Jadi Primadona

Senin, 15 Agustus 2022 – 13:01 WIB
Jumlah Kunjungan Wisata di Bantul Turun 23 Persen, Paris Masih Jadi Primadona - JPNN.com Jogja
Pantai Parangtritis. Foto: Januardi/JPNN

jogja.jpnn.com, BANTUL - Jumlah kunjungan wisata di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada akhir pekan kemarin tercatat sebanyak 20.163 orang dengan pendapatan asli daerah sebesar Rp 195,5 juta.

Jumlah tersebut turun 23 persen dibandingkan akhir pekan sebelumnya pada 5-7 Agustus yang mencatatkan  26.256 orang dengan PAD sebesar Rp 254,8 juta.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Aji mengatakan total kunjungan wisata mingguan ke Bantul dari 8 sampai 14 Agustus sebanyak 22.919 orang dengan perolehan pendapatan sebesar Rp 319,3 juta.

Angka itu juga turun sembilan persen dibanding data minggu lalu.

Objek wisata kawasan Pantai Parangtritis masih menjadi primodona wisatawan dengan jumlah kunjungan 17.714 orang selama sejak 12-14 Agustus.

Dari jumlah kunjungan tersebut, wisatawan yang melakukan reservasi melalui portal informasi wisata Yogyakarta visitingjogja untuk berkunjung ke Parangtritis Bantul sebanyak 5.213 orang.

"Atau sebanyak 29,4 persen wisatawan yang melakukan reservasi melalui visitingjogja. Sebagian besar lainnya masih datang langsung," katanya.

Asal provinsi dari wisatawan yang berkunjung ke kawasan Parangtritis mayoritas dari wilayah Jawa Tengah sebanyak 67,8 persen, selanjutnya asal Jawa Timur sebanyak 15 persen.

Jumlah kunjungan wisatawan ke Bantul pada akhir pekan lalu turun 23 persen dibandingkan akhir pekan sebelumnya. Parangtritis atau Paris masih jadi primdona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News