Asyik, Petani di Bantul Bisa dapat Pompa Air, Gratis

Senin, 08 Agustus 2022 – 20:15 WIB
Asyik, Petani di Bantul Bisa dapat Pompa Air, Gratis - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Petani di Bantul akan dapat bantuan pompa air untuk memenuhi kebutuhan saat musim kemarau. Foto: Kementerian Pertanian

jogja.jpnn.com, BANTUL - Petani yang ada di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bisa mendapatkan pompa air berbahan bakas gas secara gratis.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul baru saja mendapat hibah 250 mesin pompa air berbahan bakar gas elpiji dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul Joko Waluyo mengatakan pompa-pompa itu akan dibagikan kepada petani di Bantul.

"Terutama bagi mereka yang memiliki pompa, tetapi sudah rusak," kata Joko, Senin (8/8).

Pembagian pompa air gratis ini diharapkan bisa mengatasi dampak krisis air yang mungkin terjadi selama musim kemarau di DIY.

"Bantuan pompa air bahan bakar gas ini informasinya akan didistribusikan akhir Agustus sampai awal September," katanya.

Menurut Joko, dengan pompa air tersebut para petani bisa lebih efisien dan menghemat biaya operasional karena harga bahan bakar elpiji lebih murah ketimbang bahan bakar minyak.

Sejauh ini, Pemkab Bantul belum menerima aduan tentang bencana kekeringan selama musim kemarau.

Pemkab Bantul menerima bantuan 250 mesin pompa air dari Kementerian ESDM. Pompa-pompa itu akan dibagikan kepada petani di Bantul. Gratis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News