Syarat dan Cara dapat Vaksin Rabies Gratis untuk Hewan di Yogyakarta

Selasa, 23 Agustus 2022 – 20:34 WIB
Syarat dan Cara dapat Vaksin Rabies Gratis untuk Hewan di Yogyakarta - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Vaksinasi rabies di Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Warga Kota Yogyakarta bisa mendapat suntikan vaksin rabies untuk hewan peliharaan mereka.

Tahun ini, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta menyiapkan 2.600 dosis vaksin untuk program vaksinasi rabies bagi anjing, kucing, dan kera.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Suyana berharap masyarakat di Kota Yogyakarta yang memiliki hewan peliharaan dapat memanfaatkan kesempatan tersebut karena program vaksinasi rabies ini gratis alias tidak ada biaya apa pun.

Pemkot Yogyakarta ingin mempertahankan status bebas rabies yang sudah disandang sejak 1990.

“Sempat ada beberapa kasus gigitan hewan, termasuk gigitan anjing. Akan tetapi, setelah dilakukan pemeriksaan dan pemantauan, tidak ada yang disebabkan karena rabies. Gigitan lebih disebabkan faktor hewan yang mungkin terkejut atau marah,” katanya.

Warga Jogja yang ingin hewan peliharaannya disuntik rabies bisa mendaftar melalui link yang telah dikirimkan oleh laman media sosial Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta atau Pemkot Yogyakarta.

Hewan yang bisa mengikuti vaksinasi rabies harus dalam kondisi sehat, berusia minimal empat bulan, sedang tidak hamil dan tidak menyusui, dan hewan sudah mendapat obat cacing minimal satu pekan dan maksimal tiga bulan sebelum vaksinasi.

“Jumlah vaksin yang disiapkan tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu. Kami targetkan seluruhnya terserap dalam program ini,” kata dia.

Warga Kota Yogyakarta bisa mendapatkan suntikan vaksin rabies untuk hewan peliharaan mereka. Begini syarat dan cara mendaftar.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia