Waduh, Harga Tiket Masuk ke Parangtritis Bakal Naik, Mungkin Jadi Sebegini

Selasa, 30 Agustus 2022 – 19:10 WIB
Waduh, Harga Tiket Masuk ke Parangtritis Bakal Naik, Mungkin Jadi Sebegini - JPNN.com Jogja
Harga tiket masuk ke Parangtritis akan naik jadi sebegini. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, BANTUL - Harga tiket masuk atau retribusi ke kawasan Pantai Parangtritis (Paris) yang berada di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan dinaikkan.

Wacana kenaikan harga tiket masuk ke Paris dilontarkan langsung oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih.

Menurut Halim, salah satu alasan Pemerintah Kabupaten Bantul menaikkan harga tiket masuk ke kawasan wisata paling populer di Bantul itu demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

"Kenaikan retribusi itu apa fungsinya? Salah satu fungsinya adalah untuk meningkatkan PAD dan menyesuaikan biaya operasional yang kami butuhkan," kata Bupati pada Selasa (30/8).

Halim mengatakan kawasan objek wisata Pantai Parangtritis yang sejak puluhan tahun lalu masih diberlakukan tarif sebesar Rp 10.000 per orang termasuk premi asuransi.

Menurut dia, sudah harus dilakukan penyesuaian dengan kondisi kekinian.

"Karena kan inflasi naik terus. Jadi, pemerintah juga memperhatikan hukum ekonominya, penawaran naik permintaan turun atau sebaliknya, hukum itu terjadi, maka kami akan mencari titik yang maksimal," katanya.

Ia pun mengakui operasional pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan belum begitu maksimal, meski demikian pengenaan kenaikan retribusi ini harus dilakukan.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan bahwa harga tiket masuk ke kawasan Pantai Parangtritis atau Paris akan naik. Kemungkinan jadi sebegini.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News