Mulai Diterapkan di Jogja, Begini Ciri Kurikulum Merdeka

Sabtu, 03 September 2022 – 11:00 WIB
Mulai Diterapkan di Jogja, Begini Ciri Kurikulum Merdeka - JPNN.com Jogja
Kurikulum merdeka mulai diterapkan di Jogja. Ilustrasi: Dean Pahrevi/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Yogyakarta sudah mulai menerapkan kurikulum pembelajaran yang baru, yakni Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka sudah diaplikasikan kepada seluruh sekolah di Yogyakarta pada tahun ajaran 2022/2023, baik negeri maupun swasta, khusunya untuk kelas 1 dan 4 SD serta kelas 7 SMP.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Yogyakarta Budhi Asrori mengatakan mulai tahun ajaran tahun ini kelas yang menerapkan Kurikulum Merdeka akan mendapat arahan langsung dari pemerintah pusat.

Budhi mengatakan Kurikulum Merdeka menekankan pada pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Harapannya, pembelajaran bisa lebih maksimal karena siswa memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan meningkatkan kompetensi.

“Untuk kurikulum ini, kembali diterapkan sistem mata pelajaran. Tidak lagi mengacu pada pembelajaran tematik seperti diterapkan pada kurikulum sebelumnya,” katanya.

Di akhir pembelajaran, lanjut Budhi, peserta didik akan membuat semacam proyek yang merangkum ilmu dan kompetensi dari berbagai mata pelajaran yang sudah dipelajari.

Kurikulum Merdeka merupakan sistem pembelajaran baru yang lahir pada era Menteri Pendidikan Nadiem Makarim.

Jenjang pendidikan yang menerapkan Kurikulum Merdeka tersebut, kata Budhi, tidak hanya terbatas pada lingkup pendidikan formal tetapi juga pendidikan informal.

Kurikulum Merdeka sudah mulai diterapkan di Jogja. Apa yang membedakan kurikulum baru ini dengan kurikulum sebelumnya?
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News