Tahun Ajaran Baru, TK Hingga SMP di Bantul Akan Pakai Kurikulum Merdeka Belajar

Jumat, 08 Juli 2022 – 09:51 WIB
Tahun Ajaran Baru, TK Hingga SMP di Bantul Akan Pakai Kurikulum Merdeka Belajar - JPNN.com Jogja
Penerapan kurikulum baru di Bantul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, BANTUL - Sekolah-sekolah negeri di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mulai menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) secara mandiri pada tahun ajaran baru 2022/2023.

Adapun jenjang pendidikan yang akan menerapkan IKM mulai dari TK hingga sekolah menengah pertama (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bantul Isdarmoko mengatakan tahun ajaran baru akan dimulai pada 11 Juli 2022.

"Kami sepakat besok diluncurkan secara serentak bahwa semua sekolah di Bantul dari jenjang TK, kemudian SD, SMP khususnya yang negeri untuk melaksanakan IKM secara mandiri," kata dia.

Kurikulum IKM memiliki tiga kategori, yaitu IKM Belajar, IKM Berubah, dan IKM Berbagi.

Setelah selesai melaksanakan proses penerimaan peserta didik baru (PPDB), tahapan selanjutnya adalah daftar ulang antara 7 dan 8 Juli 2022, kemudian diiuti masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dengan penjelasan-penjelasan.

"Untuk persiapan guru-guru, sudah dimulai sejak kemarin. Kami sampaikan bahwa sekolah semua harus mempersiapkan langkah-langkah tentang implementasi kurikulum merdeka itu, terutama kaitannya dengan pengisian di aplikasi, sudah kami sosialisasikan agar semua aktif," katanya.

Penerapan IKM di sekolah merupakan program baru, yang dilakukan di Bantul adalah secara mandiri.

Kabupaten Bantul akan menerapkan kurikulum merdeka belajar untuk jenjang TK hingga SMP negeri. Guru-guru harus siap.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News