Begini Penjelasan PPDB SD dan SMP di Kabupaten Sleman

Jumat, 14 Juni 2024 – 09:10 WIB
Begini Penjelasan PPDB SD dan SMP di Kabupaten Sleman - JPNN.com Jogja
Ilustrasi: - PPDB Yogyakarta. Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Warga Kabupaten Sleman, DIY, yang ingin menyekolahkan anaknya di jenjang SD dan SMP Negeri pada tahun ajaran 2024/2025 bisa berkonsultasi dengan Dinas Pendidikan setempat.

Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman membuka layanan posko aduan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sejak 12 Juni sampai 5 Juli 2024.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Ery Widaryana mengatakan warga Sleman yang punya kendala atau pertanyaan seputar PPDB bisa datang ke kantor Dinas Pendidikan pada hari kerja, Senin-Jumat, pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

"Kami siap memberikan pelayanan informasi soal sekolah hingga anak pindah sekolah," kata Ery Widaryana.

Ia mengatakan PPDB SD dan SMP di Kabupaten Sleman tahun ini sama seperti tahun lalu. Untuk pelaksanaannya sendiri, PPDB SD melalui tiga jalur, sementara PPDB SMP melalui empat jalur.

“Yang sama untuk PPDB SD dan SMP yaitu jalur zonasi, afirmasi dan perpindahan tugas orang tua. Kemudian SMP ditambah jalur prestasi,” kata Ery.

Adapun kuota untuk masing-masing jalur yakni jalur afirmasi pada PPDB SD diperuntukkan bagi penduduk Sleman dari keluarga ekonomi tidak mampu dengan kuota 15 persen dan penyandang disabilitas 5 persen.

Selanjutnya, jalur afirmasi pada PPDB SMP total kuotanya 15 persen dengan rincian 12 persen untuk calon peserta didik dari pemilik KK miskin dan 3 persen untuk penyandang disabilitas.

Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, DIY menjelaskan bagaimana jalur-jalur yang bisa dipakai pada PPDB jenjang SD dan SMP.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News