4 Jalur PPDB Siswa SMP Negeri di Bantul

Jumat, 31 Mei 2024 – 20:02 WIB
4 Jalur PPDB Siswa SMP Negeri di Bantul - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Jalur PPDB SMP Negeri di Bantul: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025 pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP) negeri di Kabupaten Bantul akan menggunakan skema empat jalur.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul Nugroho Eko Setyanto mengatakan empat jalur yang akan dipakai adalah jalur afirmasi, jalur zonasi, jalur perpindahan tugas orang tua, dan jalur prestasi.

Jalur afirmasi atau yang disediakan untuk siswa dari keluarga tidak mampu dengan kuota paling banyak 15 persen dari daya tampung masing-masing sekolah. Kemudian, ada jalur zonasi dengan kuota paling sedikit 55 persen dari daya tampung sekolah.

"Kemudian jalur perpindahan tugas orang tua disediakan kuotanya paling banyak lima persen dan jalur prestasi dengan kuota maksimal 25 persen," katanya.

Menurut dia, empat jalur dalam proses PPDB tersebut dilakukan secara online atau daring, yang kemudian melakukan verifikasi pendaftaran ke sekolah yang dipilih. Untuk jadwal pendaftaran dimulai pada 24 sampai 26 Juni untuk jalur afirmasi, prestasi, dan perpindahan tugas orang tua.

"Kemudian untuk jadwal dan alur pendaftaran PPDB SMP Negeri jalur zonasi mulai 1 sampai 3 Juli. Calon siswa bisa mendaftar secara online dan melakukan verifikasi pada SMP Negeri pilihan pertama," katanya.

Selain secara online, katanya, sejumlah SMP negeri di Kabupaten Bantul juga membuka pendaftaran secara luring, tetapi diperuntukkan bagi jalur kelas khusus olahraga (KKO) yang sudah dijadwalkan sejak April hingga akhir Mei untuk proses daftar ulang.

"Jalur KKO dibuka di lima SMP negeri, yaitu SMP Negeri 1 Kretek, SMP Negeri 2 Kretek, SMP Negeri 3 Imogiri, SMP Negeri 2 Pleret, dan SMP Negeri 2 Sewon, dengan masing-masing satu rombel -rombongan belajar- berjumlah 32 siswa," katanya.

Disdikpora Bantul akan menggunakan empat jalur pada PPDB jenjang SMP. Begini persentasenya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News