2 Tahun Dibayangi Kegagalan, Petani Kedelai di Sleman Akhirnya Panen Raya

Selasa, 27 September 2022 – 21:03 WIB
2 Tahun Dibayangi Kegagalan, Petani Kedelai di Sleman Akhirnya Panen Raya - JPNN.com Jogja
Panen raya kedelai di Kabupaten Sleman. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, SLEMAN - Kelompok Tani Margo Mulyo di Dusun Bendungan, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaksanakan panen raya kedelai varietas Anjasmoro pada Selasa (27/9).

Ketua Kelompok Tani Margo Mulyo Heru Martono mengatakan mereka akhirnya bisa panen raya setelah kurang lebih dua tahun terakhir selalu dibayang-bayangi gagal panen karena cuaca yang tidak mendukung.

Menurut Heru, kondisi itu membuat banyak petani kedelai beralih menanam padi, kacang tanah atau jagung.

Heru berterima kasih kepada Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman karena bertindak cepat dengan menyokong bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan.

"Dalam budi daya ini digunakan pupuk organik, pupuk hayati, bio pestisida dan pestisida hayati sehingga lahan menjadi subur. Lingkungan lestari dan produksi tinggi," katanya.

Heru mengatakan saat ini permintaan komoditas kedelai sedang tinggi-tingginya sehingga menggerakkan petani untuk menanam varietas unggul.

"Budidaya varietas kedelai ini dilakukan sebagai upaya memenuhi kebutuhan pangan nasional dalam ketersediaan bahan baku kedelai," katanya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo yang turut hadir dalam panen raya kedelai di Dusun Bendungan mengatakan bahwa Pemkab Sleman berusaha untuk mengurangi impor kedelai dengan memperkuat pertanian kedelai.

Petani kedelai di Kabupaten Sleman akhirnya bisa panen raya kedelai setelah dua tahun selalu dibayang-bayangi kegagalan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News