Guru Besar UGM Ingatkan Pentingnya Audit Keselamatan

Jumat, 30 September 2022 – 19:01 WIB
Guru Besar UGM Ingatkan Pentingnya Audit Keselamatan - JPNN.com Jogja
Bus pariwisata kecelakaan di Bukit Bego, Imogiri, Bantul (Foto: Antara)

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Jogja adalah salah satu daerah tujuan wisata karena banyak tempat-tempat menarik mulai dari pantai, daerah perbukitan, hingga situs-situs budaya dan sejarah.

Wisatawan lokal dan mancanegara selalu memadati setiap sudut Yogyakarta pada masa liburan.

Namun, di tengah tingginya aktivitas wisata, Jogja masih menjadi daerah yang rawan musibah, baik kecelakaan lalu lintas atau kecelakaan di tempat wisata.

Kecelakaan maut bus pariwisata di Bukit Bego, Imogiri, Bantul beberapa waktu lalu masih menyisakan duka mendalam.

Salah seorang guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Samekto Wibowo bahkan menjadi korban kecelakaan laut di Pantai Indrayanti, Gunungkidul.

Oleh karena itu, Guru Besar Transportasi Fakultas Teknik UGM Prof Ahmad Munawar meminta ada upaya semacam audit keselamatan agar tragedi memilukan yang menimpa wisatawan tidak terus terulang di Jogja.

"Kecelakaan mengubah kegembiraan menjadi duka mendalam. Penyebab kecelakaan memang bermacam-macam, tetapi harus ada upaya dari pemerintah untuk menganalisis dan mencegahnya dengan audit keselamatan," kata dia, dikutip dari laman resmi UGM.

Anggota Dewan Penasihat Forum Studi Transportasi antarperguruan tinggi itu mengatakan audit keselamatan jalan dapat dilakukan dengan mengidentifikasi daerah rawan kecelakaan atau black spot.

Guru besar UGM mengingatkan pemerintah untuk lebih meningkatkan upaya pencegahan kecelakaan baik di jalan maupun di tempat wisata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News