Musim Hujan Tiba, Hati-Hati Jika Melihat Fenomena Ini, Ada Potensi Bencana

Kamis, 06 Oktober 2022 – 09:12 WIB
Musim Hujan Tiba, Hati-Hati Jika Melihat Fenomena Ini, Ada Potensi Bencana - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Bencana tanah longsor saat musim hujan tiba. Foto: Humas Polres Kulon Progo

jogja.jpnn.com, BANTUL - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah mulai dilanda musim hujan yang sering disertai angin kencang.

Guna mengantisipasi bencana hidrometeorologi yang mungkin muncul saat cuaca ekstrem, BPBD Bantul meminta masyarakat untuk ikut melakukan langkah-langkah mitigasi.

Salah satu cara yang paling mungkin dilakukan adalah memangkas ranting pohon yang sudah sangat rimbun.

"Saat menghadapi musim hujan, lakukan mitigasi seperti pemangkasan pohon yang terlalu rimbun," kata Komandan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Bantul, Aka Luk Luk Firmansyah, Rabu (5/10).

Menurut dia, pemangkasan ranting pohon yang rimbun selain bisa dilakukan masyarakat secara mandiri juga bisa melibatkan forum pengurangan risiko bencana (FPRB) yang terbentuk di masing-masing kelurahan.

"Kebetulan kami punya FPRB di setiap kelurahan, paling tidak 75 kelurahan sudah punya FPRB. Untuk level kecamatan itu sekarang sudah terbentuk semua, tinggal beberapa yang belum pengukuhan. FPRB kabupaten juga ada," katanya.

Selain pemangkasan pohon, kata dia, masyarakat juga bisa mulai melakukan pembersihan drainase atau aliran selokan di sekitar permukiman, terutama yang mampat karena sampah sehingga berpotensi menyebabkan banjir.

"Tolong cek lagi wilayah masing-masing, terutama saat hujan lebat seperti kemarin. Daerah yang punya tingkat risiko longsor yang tinggi bisa dicek secara mandiri," ucap dia.

Saat musim hujan datang, masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan. Harap melapor jika melihat fenomena ini.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia