Hujan Lebat, TPR Pantai Krakal Terdampak Longsor

Sabtu, 08 Oktober 2022 – 12:01 WIB
Hujan Lebat, TPR Pantai Krakal Terdampak Longsor - JPNN.com Jogja
Tanah longsor di Gunungkidul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Hujan lebat yang melanda Gunungkidul sejak Jumat malam (7/10) hingga Sabtu pagi (8/10) telah menyebabkan tanah longsor di sekitar tempat pemungutan retribusi (TPR) Pantai Krakal.

Longsoran tanah hampir menutup semua badan jalan sehingga menyebabkan kemacetan kendaraan yang akan melintas.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul langsung bergerak ke lokasi untuk mengevakuasi longsor.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Purwono di Gunungkidul mengatakan mereka menerjunkan satu alat berat untuk membersihkan material longsoran agar jalan bisa kembali dilewati kendaraan wisatawan.

Menurut Purnomo, BPBD Gunungkidul sudah berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan hingga kelurahan terkait pemetaan wilayah rawan bencana.

"Kami sudah memetakan wilayah berpotensi tanah longsor dan potensi bencana lainnya. Setiap kecamatan sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan dan TRC siap membantu dalam penanganan," katanya.

Ia mengimbau masyarakat agar lebih waspada dan selalu memantau prakiraan cuaca yang dipublikasikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Kami berharap masyarakat lebih peka terhadap kondisi alam. Masyarakat yang tinggal di zona merah tanah longsor harap segera mengungsi jika terjadi hujan dengan intensitas yang tinggi dan lama," ucap dia.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Arif Aldian mengatakan material longsor sudah bisa ditangani oleh BPBD dan keluarahan setempat.

Hujan lebat di Gunungkidul membuat jalan menuju Pantai Krakal tertimbun longsor. BPBD langsung mengerahkan satu alat berat.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News