Santri dan Tantangan Perubahan Zaman

Minggu, 23 Oktober 2022 – 09:36 WIB
Santri dan Tantangan Perubahan Zaman - JPNN.com Jogja
Peringatan Hari Santri di Sleman. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, SLEMAN - Ribuan santri yang ada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar puncak peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Lapangan Denggung, Sleman, Sabtu (22/10).

Upacara peringatan Hari Santri Nasional 2022 dipimpin langsung oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, diikuti oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa beserta seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sleman.

Kustini Sri Purnomo mengatakan bahwa peringatan Hari Santri Nasional merupakan momentum untuk mengingatkan peran para santri dalam setiap fase perjalanan bangsa Indonesia.

Kustini mengatakan peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 ini mengusung tema "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

Tema memiliki maksud yaitu bahwa santri dalam perjalanan sejarahnya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan bangsa dan negara Indonesia.

"Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan tenaga, pikiran, kemampuan dan hidupnya secara maksimal untuk bangsa dan negara," katanya.

Ia juga mengajak para santri di Kabupaten Sleman untuk mampu mengambil peran sebagai agen perubahan di masyarakat, serta menjadi panutan bagi masyarakat untuk berubah menjadi lebih baik.

"Tunjukanlah bahwasanya Islam adalah agama yang rahmatan lil’alamin, yang tidak anti terhadap perubahan zaman, sepanjang perubahan itu tidak bertentangan dengan syariat Islam," katanya.

Ribuan santri menggelar upacara di Lapangan Denggung, Sleman. Bupati Sleman berpesan agar para santri mampu menjawab tantangan zaman.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia