Jogja Dilanda Cuaca Ekstrem, Semua Pihak Siaga

Kamis, 29 Desember 2022 – 11:15 WIB
Jogja Dilanda Cuaca Ekstrem, Semua Pihak Siaga - JPNN.com Jogja
BMKG memprediksi cuaca di Yogyakarta. Ilustrasi Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan dilanda cuaca ekstrem sejak 25 Desember 2022 sampai 1 Januari 2023.

Oleh karena itu, semua pihak sedang siaga untuk mengantisipasi kemungkinan bencana hidrometeorologi yang timbul akibat cuaca ekstrem.

Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY saat ini sedang siaga 24 jam untuk melayani masyarakat.

Manajer Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD DIY Lilik Andi Aryanto mengatakan mereka juga mengajak berbagai elemen masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X bahkan sudah mengeluarkan surat edaran Nomor 360/20913 untuk antisipasi bencana alam sampai awal Januari 2023.

Menurut Lilik, 32 personel Tim Reaksi Cepat (TRC) dan 25 personel Pusdalops BPBD DIY seluruhnya disiagakan 24 jam. Kesiagaan serupa juga dilakukan komunitas yang ada di seluruh desa tangguh bencana di DIY.

Lilik menuturkan personel TRC BPBD DIY melalui pos yang tersebar di lima kabupaten/kota telah mengintensifkan pemantauan di sejumlah kawasan yang berpotensi terdampak bencana, khususnya banjir dan tanah longsor.

Sejak awal tahun hingga akhir 2022, menurut dia, banjir dan tanah longsor merupakan bencana yang dominan terjadi di DIY.

BMKG memperkirakan bahwa Jogja bakal dilanda cuaca ekstrem sampai 1 Januari 2023. Semua pihak diminta waspada.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News