Lihat, Begini Peta Bahaya Tsunami di Jogja

Kamis, 29 Desember 2022 – 18:07 WIB
Lihat, Begini Peta Bahaya Tsunami di Jogja - JPNN.com Jogja
Peta bahaya tsunami yang disusun oleh BMKG. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta telah menyusun peta bahaya tsunami di kawasan pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Potensi tsunami di kawasan pantai selatan cukup besar karena di sana termasuk kawasan rawan gempa bumi.

Kepala Stasiun Geofisika Yogyakarta Setyo Aji Prayudi mengatakan bahwa daerah yang rawan terjadi gempa bumi adalah Kabupaten Bantul.

Selain itu, di Bantul juga banyak permukiman warga yang berbatasan langsung dengan pantai selatan.

"Kami melakukan langkah-langkah memitigasi bagaimana meminimalkan dampak akibat gempa bumi. BMKG membuat kajian yang berbentuk peta tsunami berdasarkan skenario terburuk," katanya .

Menurut dia, tsunami seringkali diawali dengan gempa bumi besar. Di pesisir selatan terdapat subduksi yang menyimpan potensi gempa bumi yang diperkirakan bisa memicu sampai kekuatan 8,8 magnitudo.

"Oleh karena itu, kami coba melakukan permodelan dengan peta sehingga kita bisa dapatkan kira-kira kapan waktu kedatangan gelombang tsunami, ketinggian gelombang dan jaraknya. Harapannya, informasi tersebut bisa dimanfaatkan untuk mitigasi bencana," kata Aji.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih yang menerima langsung peta bahaya tsunami itu mengatakan akan segera meriliskannya kepada masyarakat terutama yang berdasarkan pemetaan berada pada kawasan yang paling terkena dampak gelombang laut ketika gempa bumi terjadi.

BMKG telah menyusun peta bahaya tsunami di kawasan pantai selatan Yogyakarta. Begini penampakannya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News