Yogyakarta Dikunjungi Banyak Pelancong, Tetapi Ada yang Harus Dibenahi

Kamis, 12 Januari 2023 – 09:00 WIB
Yogyakarta Dikunjungi Banyak Pelancong, Tetapi Ada yang Harus Dibenahi - JPNN.com Jogja
Wisatawan berkunjung ke Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Kota Yogyakarta dikunjungi oleh 7,4 juta orang sepanjang 2022. Angka itu lebih besar tiga kali lipat dari target yang ditetapkan oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan periode libur panjang akhir tahun menjadi penyumbang wisatawan terbanyak, yakni mencapai 800.000 orang.

Selain jumlah, lama tinggal dan belanja wisatawan di Kota Yogyakarta juga melebihi target.

Rata-rata lama tinggal wisatawan di Kota Yogyakarta pada 2022 mencapai 1,86 hari atau melebihi target 1,7 hari. Begitu juga dengan belanja wisatawan yang mencapai Rp 1,97 juta per wisatawan dari target Rp 1,6 juta per wisatawan.

"Akan tetapi, kami berupaya membenahi berbagai sektor untuk mendukung pengembangan pariwisata pada tahun ini," kata Wahyu, Rabu (11/1).

Menurut dia, salah satu yang harus dibenahi adalah pelayanan informasi bagi wisatawan pada beberapa momentum, seperti libur sekolah, Lebaran, dan akhir tahun.

Selain itu, juga diperlukan pengembangan 18 kampung wisata dengan promosi yang lebih gencar dan memastikan kesiapan kampung wisata menerima wisatawan.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Yogyakarta Oleg Yohan mengatakan Dinas Pariwisata setempat perlu mengambil peran layaknya dirigen dalam pengembangan pariwisata di kota tersebut.

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta akan membenahi beberapa sektor untuk mendukung geliat wisatawan pada tahun ini.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia