9 Juta Orang Bakal Memadati Jogja, Dishub dan Polisi Mengandalkan Kamera Pengawas

Minggu, 03 Desember 2023 – 21:15 WIB
9 Juta Orang Bakal Memadati Jogja, Dishub dan Polisi Mengandalkan Kamera Pengawas - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Ruas jalan yang macet di Yogyakarta. Foto: M. Syukron Fitriansyah/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pergerakan masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat libur Natal dan Tahun Baru 2024 diprediksi bakal mencapai 9 juta orang.

Dinas Perhubungan (Dishub) DIY sudah mempersiapkan diri untuk mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan di satu titik.

Salah satu yang akan dilakukan oleh Dishub DIY adalah memasang kamera penghitung kendaraan di sejumlah ruas jalan nasional.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dishub DIY Sumaryoto mengatakan kamera penghitung kendaraan itu bakal dipasang di empat ruas jalan nasional yakni Prambanan, Temon, Tempel, dan Piyungan.

"Nanti, kami akan menyewa kamera sesuai kebutuhan selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024," kata dia.

Penyediaan kamera khusus tersebut bekerja sama dengan Balai Pengembangan Teknologi Tepat Guna (BPTTG) DIY menggunakan teknologi Camlytics atau perangkat lunak yang mampu menyajikan statistik instan real time dari penghitungan kendaraan.

Alat penghitung jumlah kendaraan itu, kata Sumaryoto, nantinya akan dioperasikan pihak ketiga.

"Nanti yang mengoperasikan pihak vendor. Kami hanya terima data mentahnya, kemudian kami konversi di excel untuk kami analisa," kata dia.

Dinas dan Polda DIY akan mengandalkan kamera pengawas untuk memantau pergerakan orang sepanjang libur Natal dan Tahun Baru 2024.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia