Kabar Baik Soal Kuota Haji 2023 untuk Kota Yogyakarta

Minggu, 15 Januari 2023 – 10:30 WIB
Kabar Baik Soal Kuota Haji 2023 untuk Kota Yogyakarta - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Jumlah jemaah haji Yogyakarta. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Ada kabar baik bagi calon jemaah haji Kota Yogyakarta yang ingin berangkat ke tanah suci Makkah pada 2023.

Seiring dengan kenaikan kuota haji bagi Indonesia, Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta memperkirakan aka ada kenaikan untuk jemaah calon haji di Jogja.

Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan bagi umat Muslim yang mampu. Setiap tahunnya, Pemerintah Arab Saudi memberikan kuota calon jemaah haji bagi setiap negara, termasuk Indonesia.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Muhammad Tahrir memperkirakan kuota haji untuk Kota Yogyakarta meningkat hingga dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

“Memang belum ada informasi resmi terkait kuota yang akan diterima Kota Yogyakarta. Akan tetapi, mudah-mudahan bisa naik signifikan dibanding tahun lalu,” kata dia, Sabtu (14/1).

Kepastian kuota haji bagi warga Kota Yogyakarta masih harus menunggu kuota yang diberikan bagi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pada penyelenggaraan ibadah haji 2022, Kota Yogyakarta mendapat kuota sebanyak 156 orang dari daftar tunda 2020 sebanyak 318 orang. Tahun ini, diharapkan bisa meningkat hingga 410 orang yang diberangkatkan ke tanah suci.

Jemaah yang diberangkatkan tahun ini akan diprioritaskan bagi yang tertunda pada tahun lalu karena ada kebijakan pembatasan kuota.

Kantor Kemenag Kota Yogyakarta membawa kabar baik soal kuota calon jemaah hadi dari Kota Jogja.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News