Sultan HB X Ingin Beri Bansos Seumur Hidup Bagi Warga Miskin Lansia

Kamis, 26 Januari 2023 – 13:33 WIB
Sultan HB X Ingin Beri Bansos Seumur Hidup Bagi Warga Miskin Lansia - JPNN.com Jogja
Sultan HB X. Foto: Pemda DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sebagai salah satu upaya untuk mengurangi angka kemiskinan, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X berencana untuk membuat program bantuan sosial seumur hidup bagi warga miskin yang sudah berusia lebih dari 60 tahun.

Menurut Sultan, sebagian besar lansia tidak memiliki tingkat pendidikan yang tinggi sehingga mereka akan sulit untuk membiayai hidupnya.

"Kalau saya, kira-kira yang umurnya 60 tahun lebih sampai 70 tahun, dia pendidikannya mungkin hanya SD, tidak punya fasilitas apa pun, tidak bisa bekerja, ya, sudah dibantu saja sampai meninggal," kata Sultan HB X di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (25/1).

Terkait wacana bansos seumur hidup itu, Sultan mengaku telah berdialog dengan jajaran eksekutif serta pimpinan DPRD DIY.

"Saya sudah bicara dengan pimpinan DPRD, mau enggak membantu, setuju tidak dengan bantuan sosial seperti itu," tutur Raja Keraton Yogyakarta ini.

Ia kemudian memberikan gambaran bila persentase warga miskin berusia 60 tahun ke atas di DIY mencapai 3 sampai 4 persen, bansos seumur hidup sudah bisa menurunkan tingkat kemiskinan DIY yang berada di kisaran 11 persen.

"Kemiskinan bisa turun menjadi 9 atau 8 persen," kata dia.

Menurut Sultan, untuk tahap awal program tersebut dapat diuji coba di Kabupaten Gunungkidul dan Kulon Progo.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X ingin agar warga miskin yang sudah lansia bisa mendapat bansos seumur hidup.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia