Sultan Ingin Bansos Seumur Hidup untuk Lansia, Anggota Dewan: Perlu Kebijakan Tambahan

Kamis, 02 Februari 2023 – 13:10 WIB
Sultan Ingin Bansos Seumur Hidup untuk Lansia, Anggota Dewan: Perlu Kebijakan Tambahan - JPNN.com Jogja
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto. Foto: Humas DPRD DIY

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X beberapa waktu lalu mewacanakan bantuan sosial (bansos) seumur hidup bagi warga miskin berusia 60 tahun ke atas.

Program tersebut dilakukan untuk mengurangi tingkat kemiskinan di DIY yang mencapai 11,34 persen per September 2022.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mendukung rencana Sultan HB X, tetapi perlu dibarengi dengan kebijakan lainnya.

"Oke, bansos setiap bulan, tetapi tidak cukup hanya dengan itu. Perlu kebijakan yang lebih komprehensif yang intinya membuat lansia bahagia baik lahir dan batin," kata Eko Suwanto di Gedung DPRD DIY pada Rabu (1/2).

Kebijakan komprehensif yang dimaksud Eko adalah dengan melengkapi rencana bansos seumur hidup dengan kebijakan pro lansia lainnya mulai dari pemenuhan aspek kesehatan, hingga perlindungan sosial para lansia.

Terkait aspek kesehatan, kata dia, seluruh lansia miskin di DIY antara lain diupayakan mendapatkan premi BPJS ditanggung oleh Pemda DIY.

"Ketika ada lansia yang sakit mereka tidak perlu memikirkan biaya," kata Eko.

Sedangkan aspek perlindungan sosial, lanjut dia, dapat dipenuhi di antaranya dengan menyediakan ruang-ruang terbuka hijau.

Anggota DPRD DIY Eko Suwanto menyambut baik wacana bansos seumur hidup bagi lansia. Namun, perlu ada kebijakan tambahan untuk mengurangi angka kemiskinan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia