Anda Terdaftar Sebagai Penerima Bansos di Kulon Progo? Siap-Siap

Senin, 19 September 2022 – 23:07 WIB
Anda Terdaftar Sebagai Penerima Bansos di Kulon Progo? Siap-Siap - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Bansos BBM. Foto: Ricardo/JPNN.com

jogja.jpnn.com, KULON PROGO - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mulai menyalurkan bantuan sosial (bansos), baik yang tunai maupun nontunai.

Khusus untuk bansos nontunai, akan menyasar 46.968 keluarga penerima manfaat melalui 123 e-Warong. Anggarannya dari berasal dari APBN dan APBD.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kulon Progo Yohanes Irianta mengatakan semua kebutuhan pokok yang disediakan oleh e-Warong dengan menggunakan komoditas pangan lokal.

"Bansos BPNT baik APBN dan APBD disalurkan oleh e-Warong. Penyaluran sudah dimulai sejak Agustus," kata dia, Senin (19/9).

Ia mengatakan penyaluran bantuan pangan nontunai ini memberikan dampak berbeda dengan Peraturan Bupati Nomor 3 Tahun 2021.

Bantuan nontunai itu disuplai dari bahan pangan lokal Kulon Progo sehingga uang sekitar Rp 11 miliar dari APBN dan APBN berputar di Kulon Progo.

"Petani melalui gapoktan, pembudidaya melalui pokdakan, KWT sebagai penyuplai sayur dan buah, serta perajin tahu untuk komoditas tempe dan tahu memberi nilai tambah dan memberdayakan ekonomi lokal," katanya.

Selain itu, Irianta mengatakan pada November 2022 Dinsos akan menyalurkan dana bagi hasil cukai tembakau.

Pemkab Kulon Progo akan mulai menyalurkan basos nontunia kepada keluarga penerima manfaat. Anda salah satunya? Siap-siap dapat bantuan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News