Warga Yogyakarta Siap-Siap, Akhir Bulan Ini dapat Bansos BBM

Jumat, 09 September 2022 – 23:02 WIB
Warga Yogyakarta Siap-Siap, Akhir Bulan Ini dapat Bansos BBM - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Bansos BBM untuk warga Yogyakarta. Foto: dok.JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Warga Kota Yogyakarta dijadwalkan akan mendapat bantuan sosial (bansos) pada akhir September 2022.

Bansos itu diberikan Pemerintah Kota Yogyakarta sebagai bagian dari penanganan dampak inflasi yang bersumber dari dua persen dana transfer umum (DTU).

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengatakan saat ini pihaknya sedang menyiapkan program penyaluran bansos agar bisa tepat sasaran.

Ia memastikan rumusan program penyaluran bantuan sosial tersebut dapat segera disusun untuk kemudian disampaikan ke legislatif sebelum direalisasikan.

Menurut Aman, bentuk bantuan sosial tersebut lebih ditujukan untuk perlindungan sosial khususnya masyarakat miskin yang belum mendapat bansos dari pemerintah.

Nilai dana transfer umum yang akan diterima Pemerintah Kota Yogyakarta untuk triwulan keempat 2022 diperkirakan sekitar Rp 3,7 miliar.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 134/PMK.07/2022 tentang Belanja Wajib dalam rangka Penanganan Dampak Inflasi 2022 menyatakan pemerintah daerah wajib menyalurkan dua persen dari dana transfer umum untuk bantuan sosial.

Bantuan sosial dapat diarahkan kepada pengojek, pelaku UMKM, nelayan serta untuk pemberian subsidi transportasi atau angkutan umum hingga penciptaan lapangan kerja.

Pemkot Yogyakarta akan menyalurkan bansos BBM pada akhir September 2022. Jumlahnya dua persen dari dana tranfer umum.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News