Cuaca Ekstrem Masih Terjadi di Jogja, Belasan Pohon Tumbang

Jumat, 31 Maret 2023 – 10:48 WIB
Cuaca Ekstrem Masih Terjadi di Jogja, Belasan Pohon Tumbang - JPNN.com Jogja
Ilustrasi: hujan dan angin kencang di Kabupaten Bantul sebabkan puluhan pohon tumbang. (Foto: ANTARA/HO-BPBD Bireuen)

jogja.jpnn.com, BANTUL - Belasan pohon di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tumbang akibat hujan lebat disertai angin dan petir pada Kamis siang (30/3).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul melaporkan pohon tumbang itu terjadi di Kecamatan Banguntapan sekitar pukul pukul 14.30 WIB.

Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Bantul Sulistiyana mengatakan hingga pukul 18.00 WIB setidaknya dilaporkan 13 pohon tumbang terdampak hujan disertai angin kencang yang tersebar di dua kelurahan, yaitu di Kelurahan Tamanan dan Wirokerten.

Menurut dia, pohon tumbang ada yang menutup akses jalan, menimpa jaringan listrik, dan menimpa atap rumah hingga mengalami kerusakan.

Seperti yang terjadi di Dusun Donoloyo, Tamanan dua pohon mangga berdiameter kurang lebih 40 cm dan 30 cm tumbang menimpa teras rumah dan pagar dan berdampak pada kerusakan atap galvalum ukuran 5x4 meter dan tembok pagar rumah.

Meski demikian, lanjut dia, kejadian pohon tumbang dampak cuaca ekstrem tersebut hingga petang hampir semua sudah terkondisi karena TRC BPBD bersama warga dan sukarelawan langsung terjun ke lokasi untuk mengevakuasi pohon yang tumbang.

"Tindakan yang dilakukan yaitu TRC BPBD bersama sukarelawan gabungan melakukan assessment dan evakuasi di lokasi kejadian, TRC BPBD juga berkoordinasi dengan PLN, polisi, TNI dan pemerintah kelurahan setempat," katanya.

Kepala Pelaksana BPBD Bantul Agus Yuli Herwanto mengatakan saat ini di Kabupaten Bantul masih dalam status siaga bencana hidrometeorologi, banjir dan tanah longsor, termasuk siaga pohon tumbang dampak angin kencang.

Belasan pohon di Kabupaten Bantul, DIY tumbang karena cuaca ekstrem yang terjadi pada Kamis siang.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News