Bantul Targetkan Rp 2 Miliar dari PAD Pariwisata saat Lebaran 2023

Sabtu, 08 April 2023 – 18:09 WIB
Bantul Targetkan Rp 2 Miliar dari PAD Pariwisata saat Lebaran 2023 - JPNN.com Jogja
Suasana Pantai Parangtritis. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, BANTUL - Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu tujuan wisata saat libur panjang Lebaran 2023.

Pemerintah Kabupaten Bantul ingin agar jumlah kunjungan wisata di sana meningkat sehingga bisa banyak berkontribusi pada pendapatan asli daerah (PAD).

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan mereka menargetkan kunjungan pariwisata lebih dari 200 ribu orang dengan PAD Pariwisata mencapai Rp 2 miliar hingga Rp 2,5 miliar.

Meski demikian, kata dia, target kunjungan tersebut masih perkiraan awal dan realisasinya bisa kurang, mengingat pada libur Lebaran 2023 juga bertepatan dengan persiapan ujian sekolah bagi pelajar atau anak sekolah.

"Jadi, kami lihat nanti karena biasanya Lebaran itu ada jeda dengan persiapan ujian sekolah. Lebaran biasanya Mei atau Juni, pengunjung cukup bludak, tetapi Lebaran ini mau masuk ujian sehingga prediksi tidak sama dengan Lebaran sebelum pandemi," katanya.

Menurut dia, pihak terkait sudah berkoordinasi untuk menghadapi lonjakan wisatawan saat Lebaran.

"Dari rapat itu akan ditindaklanjuti dengan rapat untuk persiapan teknis. Kami rakor dengan Polres, Dishub dan beberapa OPD terkait untuk bisa bersama dalam rangka menghadapi khususnya wisatawan untuk di objek wisata, lalu secara teknis akan ada rapat lanjutan," katanya.

Dia juga mengatakan dalam pembagian tugas di lapangan dan sebagainya, mereka akan mengajukan permohonan bantuan personel dari pihak lain termasuk Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan dan lain lain untuk pengendalian di lapangan.

Pemkab Bantul menargetkan Rp 2 miliar dari PAD Pariwisata saat libur Lebaran 2023. Target jumlah kunjungan wisatawan hingga 200 ribu orang.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News