Jelang Lebaran, Angka Kriminalitas dan Kecelakaan di Jogja Menurun

Rabu, 12 April 2023 – 16:03 WIB
Jelang Lebaran, Angka Kriminalitas dan Kecelakaan di Jogja Menurun - JPNN.com Jogja
Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan. Foto: Januardi/JPNN

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Angka kriminalitas di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diklaim menurun menjelang hari raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Hal itu disampaikan oleh Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan setelah menggelar pertemuan dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Selasa (11/4).

Menurut Kapolda, angka kriminalitas di Jogja menurun sekitar 36 persen selama kurun Januari sampai Maret 2023.

"Terjadi penurunan dari Januari ke Maret, tiga bulan itu 36 persen. Jadi, tingkat keamanan di Yogyakarta itu meningkat berdasarkan menurunnya angka kriminalitas sebanyak 36 persen," kata dia di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Selain itu, perbandingan angka kriminalitas selama Oktober-Desember 2022 dengan triwulan sebelumnya, kata dia, juga mengalami penurunan 12,36 persen.

Menurut dia, tren penurunan angka kriminalitas itu didorong oleh upaya kepolisian bersinergi dengan TNI, Satpol PP, Jaga Warga, serta berbagai komponen masyarakat di DIY.

"Kami berharap yang belum sempurna ini akan terus kami sempurnakan. Peran Jaga Warga akan lebih berani, lebih aktif untuk melihat situasi, dan saya secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang melakukan upaya pencegahan, tetapi tidak melakukan kekerasan," kata dia.

Penurunan angka kriminalitas itu, menurut dia, menunjukkan bahwa keamanan dan peran serta masyarakat di DIY meningkat.

Kapolda DIY menyebut angka kriminalitas dan kecelakaan di Jogja menurun dalam tiga bulan terakhir. Sinyal Jogja aman menjelang Lebaran?
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News