Banyak Ibu Hamil di Kulon Progo Pos Sifilis, Penyebabnya...

Kamis, 25 Mei 2023 – 10:15 WIB
Banyak Ibu Hamil di Kulon Progo Pos Sifilis, Penyebabnya... - JPNN.com Jogja
Ilustrasi Ibu hamil. Foto: Alamy

jogja.jpnn.com, KULON PROGO - Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menemukan puluhan ibu hamil menderita penyakit sifilis.

Sifilis adalah salah satu penyakit menular seksual atau IMS yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Umumnya, penyakit ini yang diawali dengan luka di sekitar alat kelamin, dubur, atau mulut.

Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo Sri Budi Utami mengatakan mereka telah memeriksa ribuan ibu hamil untuk mendeteksi penyakit menular.

Pada 2022 jumlah ibu hamil yang diperiksa mencapai 3.913 jiwa. Dua persen di antaranya atau 69 jiwa dinyatakan pos sifilis.

Jumlah populasi kunci yang diperiksa sebanyak 1.243 orang. Hasilnya pos sifilis mencapai 14 orang atau 1,1 persen lebih.

Pada periode Januari hingga awal Mei 2023, populasi kunci yang dites sifilis 349 jiwa. Hasilnya, reaktif delapan jiwa atau 2,3 persen. Kedelapan orang reaktif tersebut, tujuh orang lelaki suka lelaki (LSL) dan satu ibu rumah tangga.

"Penyebab sifilis di Kulon Progo lebih disebabkan oleh perilaku berisiko karena sebagian besar ditemukan pada kelompok populasi kunci," kata Sri Budi Utami.

Ia mengatakan perhatian sudah harus dilakukan untuk ibu hamil, artinya kasus sudah meluas tidak hanya di populasi kunci.

Dinkes Kulon Progo menemukan puluhan ibu hamil terinfeksi penyakit sifilis. Sebagian besar ada di populasi kunci.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia