Belasan Titik di Jogja Terdampak Gempa Magnitudo 6,4

Jumat, 30 Juni 2023 – 22:34 WIB
Belasan Titik di Jogja Terdampak Gempa Magnitudo 6,4 - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Gempa bumi di Jogja. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya dilanda gempa bumi bermagnitudo 6,4 pada Jumat malam (30/6).

Di Kabupaten Bantul, dilaporkan ada 17 titik terdampak kerusakan akibat gempa yang terjadi pada pukul 19:57:43 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul saat ini masih mendata jumlah dan dampak kerusakan yang terjadi.

"Kerusakan rumah terjadi di 17 titik. Untuk jumlah pastinya masih dalam pendataan," kata Komandan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Bantul Aka Luk Luk Firmansyah pada Jumat malam.

Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa dengan magnitudo 6.4 terjadi pada Jumat (30/6) pukul 19:57:43 WIB berlokasi di 8.63 Lintang Selatan (LS), 110.08 Bujur Timur (BT). Pusat gempa berada di laut 86 km barat daya Bantul, DIY, dengan kedalaman 25 km.

Selain di Kabupaten Bantul, getaran gempa juga dirasakan masyarakat di wilayah Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kulon Progo, dan Gunungkidul, DIY.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Hindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," demikian imbauan BMKG.

BPBD Bantul melaporkan ada belasan titik terdampak gempa magnitudo 6,4 yang terjadi pada Jumat malam.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia