Yang Sedang Liburan ke Pantai, Hati-Hati Gelombang Tinggi

Minggu, 09 Juli 2023 – 07:34 WIB
Yang Sedang Liburan ke Pantai, Hati-Hati Gelombang Tinggi - JPNN.com Jogja
Gelombang tinggi akan melanda kawasan pantai selatan Jogja. Foto: Humas Polres Bantul

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan wisatawan yang sedang berlibur ke kawasan pantai selatan perlu mewaspadai potensi gelombang tinggi selama tiga hari ke depan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memprediksi bahwa gelombang tinggi akan melanda kawasan pantai selatan Jogja pada 9 sampai 11 Juli 2023.

"Waspada terhadap potensi hujan lebat yang disertai angin serta gelombang tinggi di perairan Yogyakara," kata Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta Warjono di Yogyakarta pada Sabtu (8/7).

Menurut Warjono, potensi gelombang tinggi 2,5 hingga 4,0 meter di laut selatan DIY dipicu oleh aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) serta gelombang ekuator seperti gelombang Kelvin dan Rossby ekuatorial di sekitar wilayah Indonesia.

Selain meningkatkan gelombang laut, fenomena MJO juga dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan secara tidak langsung meningkatkan potensi curah hujan tinggi.

Menurut dia, profil vertikal kelembapan udara yang tinggi mencapai 70 sampai 90 persen meningkatkan peluang pertumbuhan awan hujan yang signifikan di wilayah DIY terutama saat siang dan malam hari.

Pada Minggu (9/7) diperkirakan terjadi hujan sedang sampai lebat di Sleman, Kulon Progo, dan Gunungkidul bagian utara. Potensi hujan ringan sampai sedang juga terjadi di Kota Jogja, Bantul, dan Gunungkidul bagian selatan.

Berikutnya, pada 10 Juli 2023, potensi hujan sedang-lebat di Sleman, Kulon Progo dan Gunungkidul bagian utara dan potensi hujan ringan di Kota Yogya dan Bantul bagian utara.

BMKG memprediksi bahwa akan terjadi hujan di beberapa wilayah. Gelombang di pantai selatan juga sedang tinggi-tingginya.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia