Diterpa Gelombang dan Angin Laut, Bendera Merah Putih Itu tetap Berkibar

Rabu, 17 Agustus 2022 – 22:00 WIB
Diterpa Gelombang dan Angin Laut, Bendera Merah Putih Itu tetap Berkibar - JPNN.com Jogja
Pengibaran bendera merah putih di Pantai Baron. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia kembali digelar di kawasan pantai selatan Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Rabu (17/8).

Tahun ini, Satuan Polisi Pamong Praja DIY yang menggelar upacara HUT RI berlangsung di tengah laut kawasan Pantai Baron, Kabupaten Gunungkidul.

Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad mengatakan upacara bendera di tengah laut ini sebagai wujud mensyukuri potensi laut yang ada di DIY.

Selain itu, upacara bendera di tengah laut juga sebagai bentul dukungan terhadap visi dan misi Gubernur DIY Sri Sultan HB X di mana laut selatan sebagai pintu gerbang atau halaman.

"Upacara ini mengingatkan masyarakat kita memiliki laut yang luas. Harus dijaga dengan baik," kata Noviar Rahmad yang menjadi inspektur upacara di tengah laut kawasan Pantai Baron.

Pengibaran bendera di tengah laut sempat ditiadakan dua tahun terakhir karena pandemi Covid-19.

"Upacara ini akan kami laksanakan setiap tahun agar mampu mengangkat potensi laut DIY, khusus Gunungkidul," katanya.

Salah satu pengibar bendera Iswanto mengaku bangga karena sejak awal tahun 2013 selalu menjadi petugas pengibar bendera.

Upacara peringatan HUT ke-77 RI juga digelar di kawasan Pantai Baron, Gunungkidul. Bendera dibawa berenang ke tengah laut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News