Sejak Indonesia Merdeka, Baru Tahun Ini Upacara HUT RI Berlangsung di Pasar Beringharjo

Rabu, 17 Agustus 2022 – 19:15 WIB
Sejak Indonesia Merdeka, Baru Tahun Ini Upacara HUT RI Berlangsung di Pasar Beringharjo - JPNN.com Jogja
Perayaan HUT RI di Pasar Beringharjo, Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Pedagang dan buruh gendong yang mencari nafkah di Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta menggelar upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia.

Upacara itu berlangsung di lantai dua Pasar Beringharjo dan diikuti oleh 300-an orang.

Sesepuh Paguyuban Pedagang Pasar Beringharjo Darmastono saat menjadi inspektur upacara mengatakan ini adalah yang pertama kalinya upacara HUT RI digelar di pasar terbesar di Kota Yogyakarta itu.

Pada momentum HUT RI tahun ini, Darmastono mengingatkan para pedagang tentang perjuangan para pahlawan saat meraih dan mempertahankan kemerdekaan RI.

Sebagai pedagang, lanjut dia, perjuangan mengisi kemerdekaan bisa dilakukan dengan menjadi pedagang yang memahami hak dan kewajiban dengan baik.

“Sebagai pedagang, kami memiliki hak berjualan di Pasar Beringharjo, tetapi pedagang juga memiliki kewajiban untuk mematuhi aturan berjualan di pasar, seperti yang sudah ditetapkan pemerintah daerah,” katanya, Rabu (17/8).

Ia meminta pedagang lain untuk selalu bahu membahu memajukan pasar tradisional terlebih di masa digitalisasi saat ini sehingga keberadaan pasar tradisional tidak tergilas kemajuan zaman akibat kecepatan teknologi dan penjualan secara daring.

Namun demikian, dia yakin bahwa pasar tradisional memiliki dua fungsi, yaitu sebagai tempat jual beli sekaligus tempat interaksi sosial.

Pedagang dan buruh gendong menggelar upacara HUT ke-77 RI di Pasar Beringharjo. Ini yang pertama kali sejak kemerdekaan RI.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia