Lihat, Ratusan Kilo Kerupuk Mentah Ini Berbahaya, Terpaksa Dimusnahkan

Rabu, 18 Januari 2023 – 20:10 WIB
Lihat, Ratusan Kilo Kerupuk Mentah Ini Berbahaya, Terpaksa Dimusnahkan - JPNN.com Jogja
Ratusan kilo kerupuk mentah mengandung boraks dimusnahkan. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Warga Kota Yogyakarta sepertinya harus lebih berhati-hati saat membeli kerupuk mentah.

Pasalnya, pada Agustus 2022 lalu Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta melakukan razia di Pasar Beringharjo dan ditemukan ratusan kilogram kerupuk yang mengandung bahan berbahaya.

Hari ini, total ada 687,5 kilogram kerupuk puli mentah yang dikemas dalam 275 kantong terpaksa dimusnahkan dengan cara dihancurkan oleh truk compactor sampah karena mengandung bahan berbahaya berupa boraks.

Boraks adalah nama lain dari natrium biborat, natrium piroborat, dan natrium tetraborat yang biasa digunakan untuk membuat bahan solder, bahan pembersih, pengawet kayu, antiseptik kayu, dan pengontrol kecoa.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardani mengatakan operasi tangkap tangan terhadap distributor kerupuk dilakukan karena ada kecurigaan penggunaan bahan berbahaya untuk produk makanan yang dijual.

Setelah dites, terbukti ada kandungan boraks dalam makanan tersebut.

Distributor dari Madiun itu kemudian bersikap kooperatif dan mengakui penggunaan boraks, lalu menyerahkan seluruh kerupuk yang akan didistribusikan sehingga tidak ada tindakan hukum yang diberikan terhadap distributor.

"Untuk sementara kami masih memberikan edukasi dan pembinaan. Barang bukti pun diserahkan dan hari ini kami musnahkan sebagai bentuk perlindungan konsumen," katanya.

Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta merazia ratusan kilo kerupuk yang mengandung boraks. Sangat berbahaya sehingga harus dimusnahkan.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News