Masyarakat Harus Lebih Hati-Hati Beli Perumahan di Jogja

Rabu, 17 Mei 2023 – 12:11 WIB
Masyarakat Harus Lebih Hati-Hati Beli Perumahan di Jogja - JPNN.com Jogja
Penyegelan proyek perumahan Kandara Village. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Polemik pembangunan properti perumahan Kandara Village di Pedukuhan Pugeran, Kelurahan Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DIY, berujung pada penyegelan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Penyegelan itu dilakukan karena Pemerintah DIY menilai proyek tersebut tidak memiliki izin dan berdiri di atas tanah kas desa (TKD).

Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad mengatakan mereka sudah melayangkan dua kali surat panggilan kepada pihak pengembang, yakni PT Indonesia Internasional Capital.

"Surat panggilan dititipkan kepada Pak RT setempat karena kantor pemasarannya sudah dikosongkan dan tidak ada orang. Sudah dua kali kami panggil dan tidak datang, maka tim mengumpulkan data dan evaluasi lalu sepakat melakukan penutupan dahulu terhadap bangunan itu," ujar Noviar pada Selasa (16/5).

Menurut Noviar, pengembangan hunian itu tidak mengantongi izin pemanfaatan tanah kas desa Maguwoharjo seluas 39.595 meter persegi.

Modus yang dilakukan pengembang untuk memperdaya masyarakat, kata dia, sama seperti halnya yang dilakukan tersangka penyalahgunaan tanah kas desa di Caturtunggal, Depok, Sleman sebelumnya yakni menawarkan hunian dengan harga murah.

Noviar mengungkapkan di atas tanah kas desa yang digunakan pengembang tersebut ternyata telah berdiri 150 unit rumah dan 30 persen di antaranya sudah dihuni dengan serah terima kunci pada akhir Maret 2023.

Pada prinsipnya, kata Noviar, pemilik properti tersebut telah melanggar Pasal 23 ayat (2) Perda DIY Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ketentraman, Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat.

Buntut penyegelan perumahan Kandara Village, Satpol PP meminta masyarakat harus lebih berhati-hati saat membeli perumahan di Jogja.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia