Pemkab Bantul Mulai Bangun TPST, di Sini Lokasinya

Jumat, 14 Juli 2023 – 19:01 WIB
Pemkab Bantul Mulai Bangun TPST, di Sini Lokasinya - JPNN.com Jogja
Ilustrasi - Bak sampah di TPST Bantul. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, BANTUL - Pemerintah Kabupaten Bantul mengebut program bersih sampah 2025, salah satunya dengan membangun tempat pengelolaan sampah terpadu (TPST) tingkat kabupaten.

Dua TPST tingkat kabupaten yang mulai dibangun tahun ini ada di wilayah Modalan, Kecamatan Banguntapan dan TPST di Kelurahan Murtigading Kecamatan Sanden.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan pembangunan TPST adalah bagian dari program prioritas Pemkab Bantul untuk menanggulangi masalah sampah.

"Agar sampah terkelola dengan baik, tidak dibuang di sungai, di saluran drainase, di saluran irigasi dan di luar tempat sampah atau tempat pengolahan sampah. Tahun ini kami membangun beberapa TPST tingkat kabupaten," katanya.

Di Bantul juga terdapat TPST Piyungan yang ada di Kecamatan Piyungan, tetapi di sana juga menjadi tujuan pembuangan sampah dari Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta.

"Kami mendukung pengolahan sampah yang ada di Kelurahan Panggungharjo Sewon dan Kelurahan Guwosari. Kami kembangkan kapasitasnya dengan harapan volume sampah yang dibuang ke TPST Piyungan akan makin kecil," katanya.

Dia mengatakan upaya mengurangi dan menekan buangan sampah ke TPST Piyungan tersebut penting dilakukan karena di tempat sampah akhir tersebut tidak terjadi pengolahan, dan tidak terjadi pemilahan.

"Makanya kami membangun TPST-TPST yang levelnya kabupaten itu dengan sistem yang lebih baik karena di sana terjadi pengolahan, terjadi pemilahan dan juga kegiatan daur ulang sampah menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai ekonomi," katanya.

Pemerintah Kabupaten Bantul mulai membangun tempat pembuangan sampah terpadu untuk menyelesaikan program Bantul bebas sampah 2025.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia