Rencana Proyek Tempat Sampah Terpadu di Kawasan Pantai Gunungkidul, Nilainya Rp 57 Miliar

Senin, 27 Februari 2023 – 12:01 WIB
Rencana Proyek Tempat Sampah Terpadu di Kawasan Pantai Gunungkidul, Nilainya Rp 57 Miliar - JPNN.com Jogja
Depo sampah di Yogyakarta. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, GUNUNGKIDUL - Guna mengatasi masalah sampah di kawasan pantai Gunungkidul, pemerintah setempat berencana membangun tempat pembuangan sampah terpadu (TPST).

Proyek pembangunan TPST itu diprediksi akan memakan anggaran sebesar Rp 57 miliar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan TPST akan dibangung di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari.

"Rencana detail teknis (DED) TPST Banjarejo sudah selesai dibuat. Kebutuhan anggaran pembangunan TPST Rp 57 miliar. Saat ini, kami berusaha mengajukan peluang dana ke pusat," kata Harry Sukmono.

Ia mengatakan TPST Banjarejo rencananya akan dibangun di atas lahan seluas lima hektare. Saat ini, tanah tersebut sudah dibebaskan.

"Anggaran pembangunan TPST Banjarejo di daerah tidak mampu. Saat ini kami mengupayakan ke kementerian, tetapi belum ada jawaban," katanya.

Harry mengatakan latar belakang pembangunan TPST Banjarejo terkait dengan penghematan pengangkutan. Sebab, satu-satunya tempat pembuangan akhir (TPA) sampah hanya ada di Wonosari.

Menurut dia, volume sampah yang masuk ke TPA Baleharjo juga cukup banyak. Dalam setahun, sampah masuk ke TPA Baleharjo sebanyak 16.706 ton, sementara volume sampah dari pantai yang masuk sebanyak 917 ton.

Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul akan membangun tempat sampah terpadu khusus untuk kawasan pantai. Nilai proyeknya mencapai Rp 57 miliar.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News