Kata Sultan Soal Upaya Menanggulangi Masalah Kemiskinan dan Sampah di Jogja

Kamis, 24 Agustus 2023 – 12:17 WIB
Kata Sultan Soal Upaya Menanggulangi Masalah Kemiskinan dan Sampah di Jogja - JPNN.com Jogja
Tumpukan sampah yang ada di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Ngupasan, Kota Jogja. Foto: M. Sukron Fitriansyah/JPNN.com

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan strategi pemerintah daerah menurunkan angka kemiskinan dan menyelesaikan polemik sampah.

Dalam rapat bersama anggota DPRD DIY, Sri Sultan mengatakan kemiskinan dan ketimpangan merupakan dua masalah kompleks yang multidimensional.

Masalah ini menjadi prioritas Pemerintah DIY sehingga membutuhkan kerja sama seluruh stakeholder.

“Strategi penanggulangan kemiskinan ditempuh melalui upaya mengurangi beban pengeluaran masyarakat, meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin, mengembangkan dan menjamin keberlanjutan usaha mikro serta kecil dan sinergi kebijakan serta program penanggulangan kemiskinan,” kata Sri Sultan, Rabu (22/8).

Untuk itu Pemerintah DIY akan mengembangkan berbagai program, seperti kewirausahaan UMKM, budidaya ternak, pasar murah produk perikanan, penyediaan sarana prasarana untuk mendukung pelayanan bagi pelaku usaha.

Melalui dukungan tersebut diharapkan memberikan dampak positif terhadap penurunan ketimpangan di DIY.

Selain itu, pihaknya juga menjalankan proyek infrastruktur di daerah tertinggal di DIY.

“Perbaikan kondisi dan strategi di atas diharapkan tidak hanya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, tetapi juga mengurangi tingkat kemiskinan serta ketimpangan wilayah di DIY tahun 2023," ujarnya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan upaya Pemerintah DIY menanggulangi masalah kemiskinan dan sampah.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia