Pengantin Difabel Netra di Jogja Dikirab Pakai Gerobak Hias

Senin, 09 Oktober 2023 – 08:14 WIB
Pengantin Difabel Netra di Jogja Dikirab Pakai Gerobak Hias - JPNN.com Jogja
Menikah unik dikirab pakai gerobak di Jalan Parangtritis. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Sepasang pengantin di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melangsungkan pernikahan dengan cara yang unik, yaitu dikirab menggunakan gerobak hias pada Minggu (8/10).

Mereka adalah difabel netra Yasin Maulana Nur Jamil (25) asal Mbangi Kelurahan Timbulharjo dan Qoirun Nissa (21) asal Mbangi Timbulharjo, Sewon.

Pernikahan Yasin dan Nissa diinisiasi oleh Forum Ta'aruf Indonesia (Fortais) Sewon dan bekerja sama dengan Kantor Urusan Agama setempat.

Ketua Fortais Sewon sekaligus panitia pelaksana Ryan Budi Nuryanto mengatakan setelah akad nikah, pasangan penantin itu dikirab di Jalan Parangtritis dan disaksikan oleh warga sekitar.

"Kegiatan ini adalah pertama di Indonesia karena pernikahan dengan mahar membaca shalawat Nabi Muhammad SAW. Selain itu, prosesinya juga unik karena sepasang pengantin naik dua gerobak hias dan dikirab di ruas Jalan Parangtritis," katanya.

Kegiatan bertajuk Nikah Uniq Sewu Sholawat itu juga dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan menyambut Hari Sumpah Pemuda 2023.

Kirab sepasang pengantin, yang salah satunya merupakan difabel netra itu melewati Jalan Parangtritis sehingga menjadi tontonan menarik bagi para pengendara yang kebetulan melintas di jalan raya.

"Selama dikirab, pengantin melambaikan tangan dan menebar senyum dengan cucuk lampah Bergodo Baraja dan puluhan peserta kirab dengan membawa serah-serahan berbagai bentuk ketahanan pangan, seperti beras, bumbu-bumbu dapur, jajanan pasar, dan sebagainya," kata dia.

Sepasang pengantin di Kabupaten Bantul dikirab oleh warga menggunakan gerobak hias. Mereka jadi tontonan warga Jogja yang melintas.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia