Gerbang Samudra Raksa Kulon Progo 2 Kali Gagal Lelang, Apa Sebabnya?

Selasa, 17 Oktober 2023 – 13:01 WIB
Gerbang Samudra Raksa Kulon Progo 2 Kali Gagal Lelang, Apa Sebabnya? - JPNN.com Jogja
Gerbang Samudra Raksa. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, KULON PROGO - Objek wisata Gerbang Samudra Raksa yang ada di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah dua kali gagal dilelang karena tidak ada yang mendaftar.

Pemkab Kulon Progo saat ini sedang mencari penyebab kanapa tidak ada yang berminat untuk mengelola tempat wisata yang berada di perbatasan Kulon Progo dan Kabupaten Magelang tersebut.

Sekda Kulon Progo Triyono mengatakan mereka sedang menunggu hasil kajian dan evaluasi dari tim pengelolaan Gerbang Samudra Raksa.

"Rencananya pada Selasa (hari ini) akan dilaporkan kepada kami," kata Triyono, Senin (16/10).

Ia mengatakan tim tersebut mengkaji penyebab gagalnya lelang. Apakah karena harga yang ditetapkan terlalu tinggi atau karena kondisi Gerbang Samudra Raksa yang saat ini terbengkalai.

Hasil kajian tersebut juga akan menjadi dasar pengambilan keputusan selanjutnya. Terutama bagaimana opsi-opsi lain untuk mengelola Gerbang Samudra Raksa ke depannya.

"Sebenarnya ada rekomendasi dari DPRD Kulon Progo, agar Gerbang Samudra Raksa dikelola oleh BUMD Aneka Usaha," kata Triyono.

Dia mengatakan bisa saja skema bagi hasil digunakan. Namun, BUMD Aneka Usaha tetap menyatakan belum sanggup untuk mengelola Gerbang Samudra Raksa dengan alasan tidak mampu dibebani pendapatan asli daerah.

Pemkab Kulon Progo kini tengah mengkaji apa penyebab tidak ada yang berminat untuk mengelola Gerbang Samudra Raksa.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia