Di Jogja, Menag Bawa Kabar Soal Pencarian Jemaah Haji yang Masih Hilang

Selasa, 24 Oktober 2023 – 07:18 WIB
Di Jogja, Menag Bawa Kabar Soal Pencarian Jemaah Haji yang Masih Hilang - JPNN.com Jogja
Menteri Agama Yaqut Choli Qoumas. Foto: Antara

jogja.jpnn.com, YOGYAKARTA - Saat berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membawa kabar soal update pencarian seorang jemaah haji asal Indonesia yang hilang saat penyelenggaraan ibadah haji 2023.

Menag mengeklaim bahwa Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi masih melanjutkan pencarian seorang jemaah asal Palembang, Idun Rohim Zen (87).

"Satu jemaah haji yang belum ditemukan sampai sekarang karena hilang. Namun, saya sudah minta ke Pak Dirjen (Penyelenggaraan Haji dan Umrah) untuk terus berkoordinasi dengan pihak Kerajaan Saudi Arabia agar terus dicari," kata Yaqut di Yogyakarta, Senin (23/10).

Menurut dia, pencarian tidak berhenti sampai menemukan informasi atau indikasi tentang kondisi jemaah tersebut.

"Tanda-tanda itu banyak, apakah memang tanda-tanda ini mengarah pada jemaah ini sudah menghilang sama sekali, meninggal, atau bagaimana, kan ada," ucap dia.

Menag menegaskan dia terus memantau pencarian dan meminta informasi dari petugas di lapangan.

"Mereka terus bekerja dan saya mendapatkan laporan secara berkala," ujarnya.

Selama penyelenggaraan ibadah haji 2023, Kemenag mencatat sebanyak 774 peserta haji wafat di tanah suci dan ada 30 lainnya yang meninggal saat sudah tiba di Indonesia.

Menteri Agama Yaqut Choli Qoumas membawa kabar terkini soal pencarian seorang jemaah haji asal Palembang yang dinyatakan hilang di Arab Saudi.
Facebook JPNN.com Jogja Twitter JPNN.com Jogja Pinterest JPNN.com Jogja Linkedin JPNN.com Jogja Flipboard JPNN.com Jogja Line JPNN.com Jogja JPNN.com Jogja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jogja di Google News